//
you're reading...
Kajian Ulama, KH. Marzuki Mustamar

Ojo ngono yen ora ngono

Assalamu’alaikum

Pada kesempatan kali ini ingin menuliskan beberapa kata yang dipesankan kepada kita oleh KH. Marzuki Mustamar pada pengajian selasa malam rabu lalu.

   Dalam suatu Kitab Mukhtarul Hadist : Rosululloh SAW bersabda : “ada seorang perempuan yang mengurung seekor kucing hingga kucing tersebut mati. Dia tidak melepas kucing itu untuk makan hewan-hewan melata yang ada dibumi . Semestinya kucing tersebut jangan dibunuh tapi dipelihara, dan kalaupun tidak mau memberi makan ya dilepas agar sikucing tadi mencari makannya sendiri”.(Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dengan ini pula seharusnya menjadikan suatu pelajaran bagi kita sebagai penyayang binatang, misalkan burung. Apabila kita tidak bisa memelihara burung tadi, mmberi makan dan minum yang baik itu seperti apa? kadang kita sibuk dan lupa sehingga siburung tersebut mati saat tidak ada yang diberi tanggung jawab waktu kita pergi. Apabila hal tersebut terjadi hukumnya haram, tapi apabila masih diberimakan, dirawat dengan baik dan diberi ruang gerak yang luas hukumnya boleh. Hanya dalam kondisi-kondisi tertentu yang boleh tadi bisa makruh, karena membatasi kebebasan siburung itu seperti ruang geraknya terbatas disebabkan rumah burung tersebut kecil. Kadang-kadang tidak memberikan kesempatan burung tersebut bereproduksi (kawin)

About azizm057

ziyana

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

November 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930